1.1 Pendahuluan
Di tengah arus globalisasi dan teknologi informasi yang sangat pesat, kita harus menggali
Manfaat komputer secara optimal. karena di era yang serba digital seperti
sekarang ini, segala sesuatunya pastilah memiliki keterkaitan dengan dunia
komputer. tidak ada satu bidang kehidupan yang terlepas dari peranan komputer,
terutama jika dikaitkan dengan masalah administrasi
Tanpa kita sadari,
komputer telah berperan di masyarakat. Hal ini berlaku di negara maju maupun di
negara yang sedang berkembang di Indonesia. Komputer sebenarnya tidak berbeda
dengan produk teknologi lainnya seperti kereta api, pesawat terbang, mobil
televisi dan lain sebagainya. Apa yang membedakan komputer dengan produk
lainnya adalah kemampuannya untuk dapat di program guna melaksanakan berbagai
macam tugas dengan kecepatan dan ketelitian yang tinggi.
Para ahli-ahli fisika,
elektronika dan komputer telah mengembangkan microprocessor yang berkemampuan
besar. Pengolah semacam itu banyak digunakan sebagai bagian pengendali dari
produk tenaga lain seperti peluru kendali, kendaraan bermotor, pesawat udara,
kamera, komputer pribadi dan hal ini terus berkembang sesuai dengan
perkembangan zaman.
Komputer pada saat ini banyak digunakan
sebagai alat bantu untuk mengolah berbagai jenis data seperti pengolahan nilai
siswa dengan komputer, pembuatan daftar nilai, perhitungan rata-rata kelas atau
pun laporan-laporan untuk kepentingan evaluasi pendidikan. Komputer juga sudah
banyak digunakan untuk mencetak kwitansi tagihan listrik, telepon, kartu kredit
dan lain sebagainya.
Pada dasarnya komputer digunakan sebagai
alat bantu untuk menyimpan, mengolah dan mengambil kembali data atau informasi
yang diperlukan. Bidang pekerjaan yang juga mulai terpengaruh seperti terlihat
di contoh berikut ini :
Ø Penyiapan surat-menyurat sampai dengan penyimpanan arsip di kantor.
Ø Pembuatan film dalam bidang animasi dan efek-efek 3 dimensi.
Ø Pencarian buku berdasarkan judul buku dan nama pengarang di perpustakaan.
Ø Pelayanan administrasi dan mutu pelayanan medis pada rumah sakit.
Ø Pemesanan tiket pesawat terbang pada perusahaan penerbangan domestik maupun
internasional.
Ø Administrasi negara seperti administrasi data kepegawaian, administrasi
data kependudukan, pembuatan KTP, SIM dan lain sebagainya.
Ø Penggunaan komputer dalam bidang industri.
Beberapa contoh diatas merupakan sedikit contoh pemanfaatan komputer di
berbagai bidang pekerjaan. Masih banyak bidang lain yang belum disebutkan.
Apresiasi terhadap dampak dari suatu produk baru tidak selalu harus dimilikinya
pengetahuan yang mendalam tentang produk tersebut. Pengamatan terhadap dampak
dari komputer di masyarakat dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi
disekitar masyarakat.
1.2 Beberapa Aplikasi Penting
Komputer merupakan
penemuan yang sangat penting dan mendasar. Komputer tidak hanya membantu
melaksanakan pekerjaan akan tetapi mengubah cara kerja dan sekaligus
menimbulkan tantangan dan permasalahan baru dalam lingkungan.
1.2.1 Mobil Pandai
Pengolah mikro telah
di manfaatkan untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan mengemudikan mobil.
Misalnya pada tahun 1985, oldsmobile dari US telah menerapkan sistem kendali
berbasis pengolah mikro pada produknya. Pengolah mikro mendapatkan masukan data
dari beberapa sumber, seperti :
1. Meter pompa injeksi (beban mesin).
2. Alternator (putaran mesin/menit).
3. Sistem pendinginan mesin.
4. Sensor tekanan absolut untuk memantau sirkulasi dan pembuangan gas.
5. Gigi transmisi
Data masukan tersebut
diolah oleh pengolah mikro untuk mengadakan tindakan pencegahan agar mesin
tidak terlalu panas, memantau putaran mesin, beban mesin dan penggunaan gigi
transmisi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.
1.2.2 Perpustakaan Elektronik
Ruang dan waktu
merupakan dua permasalahan utama yang dihadapi oleh Perpustakaan dewasa ini.
Biaya yang diperlukan untuk menyimpan buku, majalah, jurnal, surat kabar dan
makalah terus membengkak. Disamping hal itu, beban petugas perpustakaan untuk
melayani pembaca untuk menemukan bahan bacaan yang diperlukan semakin hari
semakin berat karena jumlah bacaan yang semakin meningkat. Hal ini
mengakibatkan lambatnya pelayanan.
Permasalahan tersebut
dicoba diatasi dengan bantuan komputer. Komputer pada saat ini sudah mampu
menggantikan katalog dan berdaya tampung besar. Sistem basis data juga telah
berkembang sehingga mampu untuk mengelola data dalam jumlah yang amat besar.
Kemajuan dalam teknik pencarian kembali informasi telah memungkinkan dilakukan
pencarian kembali informasi dalam waktu yang singkat.
Perkembangan teknik
pencetakan dengan bantuan komputer membuat nuansa baru dalam penyimpanan
informasi. Buku atau majalah yang dicetak selalu diolah dan diperiksa ulang
dengan komputer, sehingga informasi elektronis dapat diperoleh secara langsung.
1.2.3 Pengendalian Lalu-lintas Udara
Lalu-lintas udara
merupakan lalu-lintas yang paling rawan dalam kehidupan manusia, walaupun di Indonesia jumlah penerbangannya masih relatif rendah dibandingkan dengan
negara-negara maju. Walaupun demikian pengendalian lalu-lintas udara sudah
dilaksanakan secara modern, dilakukan dengan peralatan canggih berbasiskan komputer.
Hal ini dilakukan karena kelalaian dalam pengendalian lalu-lintas udara akan
berakibat fatal.
1.2.4 Pengolahan Data Cuaca
Data cuaca dikumpulkan
dari ratusan atau bahkan ribuan stasiun stasiun pemantau di bumi dan di angkasa.
Data ini disalurkan melalui saluran telekomunikasi internasional ke pusat
pengolahan data cuaca. Untuk membentuk model peramalan cuaca lokal.
1.2.5 Permainan Video
Permainan ini cepat
sekali mendapat pasaran dan terutama sekali di gemari oleh generasi muda.
Berbagai jenis permainan yang belum pernah ada terwujud menjadi kenyataan.
Tempat permainan tersebar dimana-mana di pusat-pusat perbelanjaan, rekreasi
atau di dekat-dekat sekolah. Sehingga anak-anak muda mulai melupakan
kewajibannya sebagai murid atau sebagai anggota masyarakat. Para pendukung
permainan ini menyatakan bahwa sifat permainan adalah mendidik dan meningkatkan
koordinasi antara mata dan tangan. Ada sementara pendapat yang mengatakan bahwa
anak muda yang menyukai permainan video mereka akan tertarik dengan komputer
dan pemrogramman akan tetapi kenyataannya komputer pribadi lebih banyak
digunakan untuk permainan dari pada pemrogramman.
Pengenalan Internet
1.1 Pengertian Internet
Internet adalah
kumpulan komputer pribadi yang terkait satu dengan lainnya dalam bentuk
jaringan. Jaringan tercipta melalui saluran telekomunikasi, seperti telepon.
Komputer pribadi dapat berada di berbagai tempat yang terpisah, baik didalam
wilayah nasional maupun internasional.
Setiap komputer pribadi
yang tergabung dalam jaringan dapat berkomunikasi dalam bentuk pertukaran data
lateral citra dan suara. Seketika itu dan dalam dua arah. Istilah lain untuk
internet adalah dunia maya, cyberspace,homepage atau WWW (World Wide Web).
Internet adalah milik
masyarakat dunia. Tidak ada orang atau lembaga yang dapat mengklaim Internet
sebagai miliknya sendiri. Sebagai warga internet, anda dapat melakukan
pertukaran teks dan berbagai pesan dengan berjuta manusia dalam bisnis,
akademi, pemerintahan dan organisasi lain, mengakses perangkat lunak, dokumen tentang
seni, politik, kebudayaan, gambar, peta, cuaca, katalog perpustakaan dan
berbagai informasi dari berbagai tempat diseluruh dunia.
Internet di ibaratkan
sebagai suatu kota elektronik berukuran raksasa, dimana setiap penduduk
memiliki alamat yang dapat digunakan untuk berkirim surat. Jika ingin
berkeliling kota cukup dengan komputernya sebagai kendaraan.
Pengoperasian jaringan
bertumpu diatas sarana telekomunikasi. Jalur lambatnya menggunakan modem dan
saluran telepon; sedangkan jalur cepatnya menggunakan ISDN atau frame relay.
1.2 Perkembangan Internet
Internet telah
menciptakan dunia baru bagi kehidupan manusia. Yang kemunculannya dimulai
dimulai ketika departemen pertahanan Amerika Serikat membuat proyek ARPA
(Advanced Research Project Agency) dengan sebutan ARPAnet. ARPAnet semua dirancang untuk menemukan jaringan komputer handal, dan sampai berapa besar
informasi dapat dipindahkan dan semua standard yang ditentukan menjadi cikal
bakal untuk pengembangan protokol baru yang dikenal dengan TCP\IP.
Lalu NSF (National
Science Foundation) melanjutkan proyek ini dan kemudian menciptakan jaringan
sendiri bernama NSFnet berdasarkan teknologi IP yang dipakai oleh ARPAnet
dengan saluran telepon sebagai sarana transmisi. Karena biayanya terlalu
tinggi, maka pihak NSF memutuskan membuat alternatif dimana komputer akan
berhubungan dengan jaringan lokal, kemudian jaringan lokal ini meneruskan ke
jaringan komputer lainnya.
Alternatif ini
berhasil, sehingga jaringan komputernya dikembangkan lebih lanjut oleh Merit
Network Inc bekerja sama dengan IBM dan MCI, namun demikian hubungan masih
terbatas pada lingkungan akademi, lembaga penelitian dan instansi pemerintah di
Amerika Serikat.
1.3 Fasilitas Internet
Internet sebagai
jaringan komputer global telah terbukti dapat mempermudah pemakainya untuk berkomunikasi
dan memperoleh informasi. Berikut ini dilampirkan fasilitas-fasilitas yang
dimiliki oleh internet, antara lain :
1. E-mail,
2. Mailing List (kelompok diskusi)
3. File server/transfer
4. Web/Distributed Multimedia database dan
5. Video dan Suara
Surat elektronik (E-mail), Dengan menggunakan fasilitas ini anda dapat
berkirim surat dan file antar komputer keseluruhan dunia hanya membayar pulsa
telepon lokal dan berita yang anda kirim akan sampai ke tujuan dalam beberapa
menit.
Kelompok diskusi
(mailinglist), Fasilitas ini dibangun dengan teknik yang sama dengan proses
penyebaran elektronik. Dengan fasilitas ini berita di distribusikan ke banyak
pengguna sekaligus, sehingga penggunanya dapat melakukan diskusi, seminar,
ceramah, konferensi secara elektronik tanpa terikat oleh waktu dan ruang.
File server/transfer.
Fasilitas ini memungkinkan anda menyalin file yang anda perlukan yang ada di
internet dan menyimpannya pada file komputer anda.
Web/Distributed
Multimedia Database, fasilitas yang memudahkan anda dalam melakukan navigasi
informasi di internet.
Fasilitas Video dan
Suara, dengan fasilitas ini anda dapat menemukan suara dan gambar yang banyak
tersedia di internet.
1.4 Tipe Koneksi Internet
Dalam melakukan
penyambungan atau conection dengan internet terdapat beberapa cara yang
disesuaikan dengan tingkat pengaksesan dari komunikasi internet. Ada tiga tipe
koneksi dari internet yaitu :
- Online atau dial, account melalui internet provider account ini sering disebut pula
sebagai shell account. Penggunaan ini terbatas lebih diutamakan pada
biaya rendah. Online accounts disediakan dari beberapa fasilitas yaitu
internet provider, online service secara komersial dan universitas,
pemerintahan atau organisasi non profit.
- Koneksi SLIP/PPP, Dengan koneksi ini maka transfer data lebih cepat sehingga anda dapat menjalankan program yang ada di internet, anda tidak perlu lagi mengirim data per karakter melalui modem.
- Fasilitas yang dapat disewa atau leased line. Untuk memakai line yang disewa perlu memakai TCP/IP software pada suatu LAN. Untuk membuat suatu fasilitas yang dapat disewa sangat kompleks dan diperlukan waktu. Biasanya perusahaan yang menggunakan line ini dipakai untuk dijual lagi ke perusahaan menengah dan kecil.